Karir Desain Interior

Mendesain interior adalah karier yang mensyaratkan visi estetika yang dipadukan dengan kreativitas dan imajinasi. Merancang interior adalah seni yang melibatkan membentuk ruang interior menggunakan volume spasial bersama dengan perawatan permukaan. Ini menarik inspirasi dari psikologi lingkungan, gaya dekorasi masa lalu dan sekarang, arsitektur, dan desain yang menanamkan daya tarik yang menyenangkan. Profesi kreatif ini membutuhkan pemikiran artistik, dikombinasikan dengan disiplin, konsentrasi, dan keterampilan untuk mengubah imajinasi menjadi desain.

Profesi:

Sejak dahulu kala, praktik desain interior telah hidup dan berkembang. Orang-orang selalu mendekorasi rumah mereka dalam berbagai gaya untuk meningkatkan keindahannya. Namun, seni ini sekarang telah menjadi sebuah profesi, dan berbagai institusi sudah mulai mengajarkannya sebagai kursus yang diformat. Kursus-kursus ini mengajarkan siswa bagaimana memanipulasi fitur arsitektur ruang interior, dengan menciptakan pengalaman gaya hidup yang berbeda, melalui visualisasi tentang bagaimana penghuni ruang akan menggunakannya.

Kursus desain interior memungkinkan siswa untuk:

a) Menganalisis kebutuhan spesifik klien, tujuan dan persyaratan keselamatan jiwa mereka.

b) Mengintegrasikan pengamatan dengan Desain Interior Gotik pengetahuan rumit tentang desain interior.

c) Merumuskan konsep dasar estetika dan desain fungsional yang sesuai dengan spesifikasi klien.

d) Mengembangkan dan menyajikan rekomendasi desain akhir melalui presentasi, menggabungkan media yang sesuai.

e) Dapatkan sertifikasi untuk melakukan pekerjaan itu, karena itu ilegal untuk bekerja kecuali Anda disertifikasi.

f) Mempersiapkan dan mengelola penawaran dan dokumen kontrak sebagai agen klien.

g) Meninjau dan menilai solusi desain saat implementasi, dan setelah selesai.

Spesialisasi

Seorang desainer interior dapat berspesialisasi dalam berbagai bidang sesuai dengan minat, keterampilan, dan kualifikasi spesifik mereka. Ini dapat mencakup desain perumahan, komersial, perusahaan, perhotelan, kesehatan dan kelembagaan. Selain itu, mungkin ada keahlian berbeda yang diperoleh, tergantung pada kecenderungan seseorang untuk berspesialisasi dalam bidang tertentu. Ini dapat mencakup restoran dan kafetaria, kantor dan toko umum, fasilitas medis, dan banyak lagi, yang jasa design interior Jakarta Tangerang mungkin memerlukan sertifikasi lebih lanjut.

Gaya

Gaya dalam desain interior dapat bervariasi dari tradisional ke modern, lingkungan ke perumahan, dan lain-lain, tetapi berputar di sekitar konsep dasar prinsip-prinsip desain. Prinsip-prinsip desain adalah pedoman standar untuk seniman yang terlibat dalam profesi mendesain. Ini termasuk keseimbangan, proporsi, persatuan, isolasi, dominasi, dan pengulangan. Warna, ergonomi, serta fungsi dasar desain, membantu seniman desain interior memahami dan mengembangkan desain secara estetika. Konsep bentuk, massa, bentuk, garis, pola dan tekstur menambah keindahan desain dengan meningkatkan gaya.

Dibutuhkan keahlian

Profesi mendesain interior terutama berfokus pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan klien sesuai dengan spesifikasi mereka. Untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mahir, seorang desainer interior perlu memiliki keterampilan berikut:

a) Persyaratan Teknis Dan Artistik: Desainer interior harus tahu bagaimana merencanakan dan menghadirkan ruang sehingga ide-ide yang dimasukkan dapat dikomunikasikan dengan baik kepada klien. Mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang produk dan bahan untuk memungkinkan mereka menghiasi ruang, menentukan tekstur, warna, dan pencahayaan. Spesifikasi teknis seperti kesehatan, keselamatan dan kode bangunan juga harus diingat.

b) Keterampilan Komunikasi Interpersonal: Seorang desainer interior perlu memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik, karena akan sangat penting untuk menyampaikan konsep desain kepada klien. Ini membantu dalam menyajikan desain akhir dan bernegosiasi dengan klien untuk menyelesaikan kesalahpahaman dan sampai pada konsensus.

c) Strategi Manajemen: Sangat penting untuk menguasai kemampuan manajemen proyek, karena mereka sering bekerja pada berbagai proyek di bawah tekanan tenggat waktu yang akut. Oleh karena itu, desainer perlu memahami dasar-dasar perencanaan bisnis sehingga mereka dapat memasarkan nama merek, desain, dan mempertahankan hubungan bisnis yang baik dengan klien mereka.

Desain interior adalah seni dan ilmu; itu menciptakan desain yang menarik dan mengubah ruang kusam menjadi yang hidup, menggunakan ilmu desain ruang, kompatibilitas warna, dan spesifikasi struktur. Ini tentu saja merupakan profesi bagi orang-orang artistik yang memiliki kemampuan untuk merasakan dan menerapkan elemen estetika dalam desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *